Melatih Shalat Rowatib di bulan Ramadhan

Apa yang disebut dengan Solat Rowatib?
Solat rowatib itu termasuk solat-solat sunnah yang mengiringi solat wajib sehari semalam.

Apa hukumnya Solat Sunnah Rowatib itu?
Hukum nya Sunnah Muakad (sangat dianjurkan pelaksanaanya/ hampir mendekati wajib) ) dan ditekankan pelaksanaanya secara kontinu setiap hari.

Apa ada dalil keutamaan nya?
Salah satu hadist menyebutkan:

Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah shalat. Kemudian Allah Ta’ala mengatakan pada malaikatnya dan Dia lebih Mengetahui segala sesuatu, “Lihatlah kalian pada shalat hamba-Ku, apakah sempurna ataukah memiliki kekurangan? Jika shalatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun, jika shalatnya terdapat beberapa kekurangan, maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan shalat sunnah? Jika ia memiliki shalat sunnah, maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku dikarenakan shalat sunnah yang ia lakukan. Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu.” (HR. Abu Daud dan Al Albani mensahihkan nya).

Apakah Rasulullah Saw sering melakukan Sunat Rowatib ini?
Rasulullah Saw tidak pernah meninggalkan shalat sunnah ini kecuali ketika beliau dalam perjalanan. Kalaupun tertinggal karena lupa, sakit atau tertidur, beliau mengqadha’nya. Dari sini dapat kita simpulkan betapa pentingnya kedudukan shalat sunnah rawatib ini disamping shalat-shalat fardlu.

Kenapa harus dilakukan dengan kontinu (Dawam)??
Sebuah hadist menyebutkan:
”Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” (HR. Muslim)

Imam Nawawi berkomentar:
“Amalan yang sedikit namun namun dilakukan secara kontinu itu lebih baik dari amalan yang banyak namun cuma sebentar saja dilakukan. Amalan sedikit yang rutin dilakukan akan melanggengkan amalan ketaatan, dzikirtaqqorub pada Allah, niat dan keikhlasan dalam beramal, juga akan membuat amalan tersebut diterima Allah Swt. Amalan sedikit namun kontinu menghasilkan pahala besar dan berlipat dibandingkan dengan amalan sedikit namun sesekali saja dilakukan.

Coba terangkan lebih detail keutamaan sholat sunnat Rowatib itu?
1. Sholat itu sebaik-baiknya ketaatan atau amal soleh:

“Ketahuilah, sebaik-baik amalan bagi kalian adalah shalat.” (HR. Ibnu Majah Ad Darimi dan Ahmad Al- Albani mesahihkan nya).

2. Sholat Tathawu akan meninggikan derajat pelakunya
“Hendaklah engkau memperbanyak sujud kepada Allah karena tidaklah engkau bersujud pada Allah dengan sekali sujud melainkan Allah akan meninggikan satu derajatmu dan menghapuskan satu kesalahanmu.” (HR. Muslim)

3. Solat Sunah akan menutup kekurangan shalat wajib
“Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia pada hari kiamat dari amalan-amalan mereka adalah shalat. Kemudian Allah Ta’ala mengatakan pada malaikatnya dan Dia lebih Mengetahui segala sesuatu, “Lihatlah kalian pada shalat hamba-Ku, apakah sempurna ataukah memiliki kekurangan? Jika shalatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun, jika shalatnya terdapat beberapa kekurangan, maka lihatlah kalian apakah hamba-Ku memiliki amalan shalat sunnah? Jika ia memiliki shalat sunnah, maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku dikarenakan shalat sunnah yang ia lakukan. Kemudian amalan-amalan lainnya hampir sama seperti itu.” (HR. Abu Daud dan Al Albani mensahihkanya).

4. Shalat rawatib 12 raka’at sehari semalam berpahala dibangunkan nya rumah di surga
“Barangsiapa mengerjakan shalat sunnah dalam sehari-semalam sebanyak 12 raka’at, maka karena sebab amalan tersebut, ia akan dibangun sebuah rumah di surga.”

Ada berapa Rokaat Solat Sunnah Rowatib itu?
Yang Muakad (sangat dianjurkan sekali/perintah mendekati wajib) yaitu 10 (sepuluh) rokaat, yaitu:
2 Rokaat sebelum Solat Dhuhur
1. 2 Rokaat sesudah Solat Dhuhur
2. 2 Rokaat sesudah solat Maghrib
3. 2 Rokaat sesudah Isya
4. 2 Rokaat sebelum Subuh
Tapi ada yang menyatakan bahwa Solat Rowatib lebih dari itu?
Betul ada yang lebih dari 10 Rokaat namun yang lebih dari 10 Rokaat itu Ghoiru Muakad (tidak begitu ditekankan pelaksanaan nya),yaitu:
1. 2 Rokaat sebelum Ashar
2. 2 Rokaat sebelum solat Maghrib
3. 2 Rokaat Sebelum solat Isya
Saya bingung, harus yang mana yang saya perlu lakukan?
Semua nya baik dan sangat dianjurkan pelaksanaan nya karena pertama kali yang akan diperiksa amalan kita itu adalah solat sunnah. Namun setidaknya jangan pernah meninggalkan solat Sunnah Muakad (10 rokaat) tiap harinya dan jika menginginkan lebih banyak lagi lakukan juga yang Ghoiru Muakkad.

Apa ada lagi kesunahan Solat Rowatib itu ??
Bagusnya dikerjakan di rumah sebelum melakukan sholat berjamaah di Masjd. Namun jika dikhawatirkan solat berjamaah ternggal di masjid atau uzur lainnya tidak ada masalah di kerjakan di Masjid.

Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s