KARENA MENGAJAR ITU MEMBAHAGIAKAN

Guru yang penuh dengan cinta mengisi ruang yang ditinggalkan orang tua yang bekerja dan kurang dapat mencurahkan perhatian yang cukup untuk anak mereka. Guru tidak hanya mengajar, mereka bisa menjadi seseorang yang penting yang membantu individu untuk tumbuh, mengerti dunia dan mengerti diri mereka sendiri. (charles platt-novelis fiksi sains)

Jika anda guru dan sering mengikuti pelatihan bisa jadi pernah melihat tayangan pada sesi refleksi yang berjudul “make a different”. Namun jika belum, file yang bisa diunduh di www.makedifference.movie tersebut berkisah tentang seorang guru yang jujur bahwa dia sebenarnya tidak jujur ketika mengatakan sebagai guru memperlakukan semua murid sama. Nyatanya dia tidak begitu memperdulikan seorang siswa yang bernama teddy stallard. Teddy seorang siswa yang kelihatanya malas, lusuh dan selalu menyendiri. Guru kelas yang bernama mrs. Thompson pun ternah memberinya nilai F yang berarti gagal. Hingga pada suatu hari ia mendapat informasi tentang teddy dari buku tahunan yang ditulis oleh guru-guru sebelumnya bahwa teddy sebenarnya seorang siswa yang periang, cerdas dan luar biasa. Namun keadaan berubah setelah kematian ibunya. Mrs thompson menangis , ia merasa tidak adil memperlakukan teddy. Ia pun berhenti mengajar ‘memebaca’, ‘menulis’ dan ‘arimatik’. Kini ia mengajar anak-anak.

Pada suatu hari ketika semua siswa memberikan kado akhir tahun dengan kertas kado cantik dan mengkilat, miss thompson mendapat kado dari teddy yang dibungkus apa adanya. Teddy memberikan sebuah kado yang berisi gelang rhinestone yang beberapa batunya sudah lepas dan botol berisi parfum yang isinya tinggal seperempat. Sebagian siswa menertawakan, dan miss thomposon menghentikannya. Lalu ia menggunakan gelang dan parfum tersebut. Teddy mengatakan bahwa miss thomposon seperti wangi ibunya. Miss thompson kini memberikan perhatian khusus pada tedddy. Semakin miss thompson memberikan motivasi, semakin cepat respon yang diberikan teddy. Sejak peristiwa tersebut teddy mulai bergairah kembali. Luar biasa nilai-nilainya pun beranjak naik, dan ia menjadi siswa terbaik di akhir tahun. Setelah teddy lulus sekolah ia menuliskan sepucuk surat untuk miss thompson yang isinya mengatakan bahwa miss thompson adalah guru terbaiknya. Begitu seterusnya ketika teddy SMA, sampai ia menyandang gelar doktor ia tetap mengirim surat untuk miss thompson yang isinya selalu mengatakan bahwa miss thomopson selalu menjadi guru terbaiknya. Kisah tersebut tidak berakhir sampai disitu. Ketika teddy menemukan gadias pilihannya dan menikah, ia meminta miss thompson untuk menggantikan posisi ibunya menjadi pendamping pengantin.

Bagaimana dengan anda? Masih ingatkah anda nama guru SD anda? Atau masih adakah siswa anda yang masih menghubungai anda  meskipun sudah bertahun-tahun ia sudah tidak menjadi siswa anda? Mengapa ada guru yang masih selalu kita ingat atau ada siswa-siswa yang selalu mengingat dan menempatkan gurunya dalam posisi yang istimewa? Atau sebaliknya,  seorang siswa tidak menganggap gurunya istimewa sehingga begitu saja melupakannya . mengapa demikian? Karena ternyata mengajar menyangkut bentuk hubungan unik antara guru dan siswanya, bentuk yang bisa dialami namun tidak sepenuhnya bisa didefinisikan, mengapa sulit didefinisikan? Karena mengajar tidak sekedar kerja otak namun juga kerja hati. Bisa jika bayangkan bila ada seorang guru yang mengajar tidak mengguankaan hati, tidak menggunakan kecintaannya pada  murid dan juga pekerjaannya.

Mengajar dengan cinta merupakan modal yang penting untuk menjalani profesi sebagai guru. Mencintai profesi sebagai guru akan semakin mulia ketika ia didasarkan oleh kepatuhan pada sang pencipta, sehingga pekerjaannya menjadi sebuah ibadah. Ketika hal itu sudah  menjadi motivasi maka ia akan menghargai pekerjaannya , memberikan yang terbaik, tidak pernah berhenti untuk dapat menyuguhkan yang terbaik serta memuliakan pekerjaannya.

Mengapa ada berbeda antara kualitas guru yang satu dengan yang lainnya? Ada yang rindu mengajar, namun ada pula yang sudah merasa tertekan membayangkan kebandelan siswa, atau memendam kesal karena kerja berat yang harus dilakukan tidak dihargai dengan rupiah yang besar. Dasar dari perbeddaan ini adalah terkait dengan motivasi kita saat memilih profesi yang sarat dengan tuntutan sikap ideal ini.

MOTIVASI MENJADI GURU

Motivasi merupakan dasar pertama yang menentukan seseorang menjalani profesinya dengan sukses atau tidak. Apa motivasi anda bapak dan ibu guru? Dari penellitian makmal pendidkan pada peserta guru sekolah guru ekselensia indonesia (SGEI), ditemukan bahwa faktor-faktor yang motivasi guru untuk mengajar adalah: 1. Guru dilihat sebagai posisi yang bermartabat. 2. Pekerjaannya yang banyak pahalanya. 3. Senang membantu siswa untuk belajar sdan berkembang serta.  4. Senang melihat keberhasilan siswa.

Motif dalam diri kita sangat dipengaruhi oleh persepsi serta pengalaman hidup yang kita lalui. Orang tua, guru atau orang lain dapat menjadi inspirator yang kuat unutk menentukan cara pandang kita terhadap profesi ini. Berdasarkan sebuah penelitian memperlihatkan bahwa hubungan positif dengan guru di SMP atau di SMA merupakan penentu utama pilihan anda terhadap profesi ini. Sebanyak 22 % dari responden yang diteliti pada haru guru NEA tahun 2002 menyebutkan mereka cinta mengajar karena guru mereka yang inspiratif. (Forrest WP & Hardcastle:2008)

Motif kita menjadi guru akan menjadi kemudi diri baik disadari maupun tidak disadari dan mewarnai bagaimana kita menjalankan profesi ini. Terlebih lagi profesi guru sangatlah istimewa, karena dia bersifat universal di seluruh dunia, sangat strategis karena penentu kualitas sumberdaya manusia sebuah bangsa. Disamping itu banyak sekali tantangannya. Banyak sumbaer permasalahan di lapangan saat menjadi guru. Karena kita mengelola manusia bukan barang. Oleh sebag itu, ketika motif kita sekedar bekerja bukan  mengajar dengan mencintainya maka dapat dipastikan profesionalisme kita dapat luntur oleh hambatan yang ada. Untuk itu perbaharuilah motivasi anda, dasarkanlah profesi ini sebgai ibadah yang dilakukan dengan penuh cinta.

Kyai haji ahmad dahlan adalah salah satu figur yang sangat mencintai pendidikan dan tidak kalah dengan keadaan meskipun hambatan dari luar sangat luar biasa beratnya. Semakin terhambat orang yang mencintai sesuatu akan semakin kuat mengejar cintanya. Karena cinta adalah  rahmat, berbahagialah guru  yang mendasari profesinya dengan cinta karena ia akan menjadi guru yang tenang dan berbahagia dalam menjalani profesinya.

Jangan ragukan rasa cinta yang mewarnai proses mengajar yang andal akukan. “kasih sayang melahirkan kecerdasan”, hasil dari sebuah penelitian telah menyatakan bahwa pembentukan otak dan perasaan sangat terkait erat pada kasih sayang yang diberikan kepadanya semasa ia berada di dalam kandungan sampai kasih sayang yang ia dapatkan setelah ia lahir dan tumbuh dewasa.”

Ketika anda memberi cinta kepada siswa, maka 100 kali lipat, ia akan membalas cinta anda. Apa yang anda berikan sebenarnya akan kembali kepada anda. Cinta anda akan memberi kekuatan kepada siswa, sekaligus cinta mereka akan menguatkan anda. Cinta akan mengembuskan semangat pembelajar pada diri mereka dan sudah pasti akan membuat anda semakin bersemangat menjadi manusia pembelajran pula.

TEMUKAN KEBAHAGIAAN DALAM MENGAJAR

Jika anda sudah menemukan kebahagiaan dalam pekerjaan anda sebagai guru, maka bersyukurlah.bukankah kebahagiaan tidak selalu diukur dengan materi? Jka anda menemukan anak didikan anda memiliki peningkatan prestasi, menjadi lebih pandai , lebih sholeh dan sebagainya, tentu hal ini menjadi kebahagiaan tersendiri yang tidak bisa dibayar oleh apapun. Bagus. Berarti anda memiliki passion dalam menjalani profesi anda sebagai guru. Anda mengajar seolah anda tidak sedang mengajar. Artinya anda mengajar seperti tanpa beban; anda selalu bergairah setiap hari dengan penuh ekspektasi. Anda seperti tidak sabar menunggu esok pagi karena ingin bertemu dengan siswa-siswa anak didik anda dengan sejumlah ekspektasi positif tentang mereka. Demikian pula, dengan siswa-siswa anda selalu merindukan anda. Alangkah bahagianya menjadi guru yang dirindu.

Jika anda sudahmemiliki passion , maka dua hal yang harus anda miliki adalah persisten dan determinasi. Jika anda sudah yakin bahwa menjadi guru adalah pilihan terbaik dalam hidup anda, tentunya passion saja tidak cukup. Anda harus memiliki persistensi , memiliki kegigihan. Anda akan terus melesat dengan gigih meningkatkan kegairahan dalam mengajar dengan tidak cukup menjadi guru biasa. Tapi, menjadi guru yang luar biasa. The best teacher is the inspiring teacher. Seorang guru inspiratif selalu membuat perubahan –perubahan ke arah yang lebih baik.

Setelah anda memiliki passion dan persisten, tinggi, anda selalu bertanggung jawab dengan tugas anda sebagai guru. Anda tidak pernah mengeluh dengan tugas-tugas anda, karena menjadi guru itu membahagiakan.  Jika anda sudah bahagia menjadi guru, tentunya anda akan lebih bahagia jika membaca hadist berikut, “sesungguhnya Allah dan malaikatnya, para penghuni langit dan bumi hingga semut di dalam tanah dan hiu yang ada di dasar laut mendoakan kepada orang yang mengerjakan kebaikan kepada manusia.”

(cerdasin! 005;/Nov-Des/2010)

One thought on “KARENA MENGAJAR ITU MEMBAHAGIAKAN

  1. winda mengatakan:

    terima kasihh,,,jadi ada tambahan referensi bwt tugas kuliah saya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s