Orang-Orang Yang Dirindukan Syurga

Beriman bahwa surga adalah hak, yang disediakan hanya bagi orang-orang yang beriman, dan diharamkan atas orang-orang kafir selamanya, merupakan bagian dari keimanan kepada hari akhir. Dalilnya adalah Firman Allah:

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. (TQS. Ali ‘Imrân [3]: 133)
Dan penghuni neraka menyeru penghuni surga, “Limpahkanlah kepada kami sedikit air atau makanan yang telah dirizkikan Allah kepadamu”. Mereka (penghuni surga) menjawab, “Sesungguhnya Allah telah mengharamkan keduanya itu atas orang-orang kafir. (TQS. al-A’râf [7]: 50)

kebesaran Allah tertuang dalam gumpalan awan yang indah

kebesaran Allah tertuang dalam gumpalan awan yang indah

Siapa saja yang mengingkari surga, neraka, kebangkitan, atau hisab termasuk orang kafir, karena terdapat nash-nash yang qath’i tsubut (pasti sumbernya) dan qath’i dalalah (pasti maknanya) yang telah menjelaskan semua itu. Orang-orang yang menjadi penghuni surga ada beberapa macam diantaranya :

1). Para Nabi, Orang-orang yang jujur, Syuhada, dan Orangorang
yang shalih
.
Allah berfirman:
Dan barangsiapa yang menta’ati Allah dan Rasul-(Nya), mereka itu akan bersama-sama dengan orang-orang yang dianugerahi ni’mat oleh Allah, yaitu: Nabi-nabi, para shiddîqîn, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang saleh. Dan mereka itulah teman yang sebaik-baiknya. (TQS. an-Nisa [4]: 69)

2). Orang-orang yang berbuat baik (al-Abrâr), Allah berfirman:
Sesungguhnya orang yang berbakti itu benar-benar berada dalam keni’matan yang besar (surga), (TQS. al-Muthafifîn [83]: 22)

3). Orang-orang yang terdahulu (masuk Islam) yang didekatkan kepada Allah. Allah berfirman :
Dan orang-orang yang paling dahulu beriman, merekalah yang paling dulu (masuk surga). Mereka itulah orang yang didekatkan (kepada Allah). Berada dalam surga keni’matan. (TQS al-Wâqi’ah [56]: 10 –12)

4). Ashhâbul Yamin yaitu Orang-orang yang menerima buku catatan amal dari sebelah kanan. Allah berfirman :
Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercurah, dan buah-buahan yang banyak, yang tidak berhenti (buahnya) dan tidak terlarang mengambilnya, dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk. Sesungguhnya Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari)
dengan langsung, dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan, penuh cinta lagi sebaya umurnya, (Kami ciptakan mereka) untuk golongan kanan, (TQS. al-Wâqi’ah [56]: 27-38)

5). Al-Muhsinûn, yaitu Orang-orang yang senantiasa berbuat baik dengan ikhlas dan sesuai dengan aturan syariat. Allah berfirman:
Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya. (TQS. Yûnus [10]: 26)

6). Ash-Shâbirûn, yaitu Orang-orang yang bersabar. Allah berfirman:
(yaitu) surga ‘Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteriisterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu; (sambil mengucapkan): “Salamun `alaikum bimâ shabartum”. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu. (TQS. ar-Ra’d [13]: 23-24)

7). Orang yang takut saat menghadap Tuhannya
. Allah berfirman:
Dan bagi orang yang takut akan saat menghadap Tuhannya ada dua surga. (TQS. ar-Rahmân [55]: 46)  Al-Muttaqûn, yaitu orang-orang yang bertakwa. Allah berfirman:
Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa berada dalam tempat yang aman, (yaitu) di dalam taman-taman dan mata-air-mata-air; (TQS. ad-Dukhân [44]: 51-52).

8). Orang-orang yang beriman dan beramal shalih. Allah berfirman:
Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal, mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpindah daripadanya. (TQS. al-Kahfi [18]:107-108)

10). At-Tâibûn, yaitu orang-orang yang bertaubat.
Allah berfirman:
Kecuali orang yang bertaubat, beriman dan beramal saleh, maka mereka itu akan masuk surga dan tidak dianiaya (dirugikan) sedikitpun. (TQS. Maryam [19]: 60

One thought on “Orang-Orang Yang Dirindukan Syurga

  1. atmakusumah mengatakan:

    Asalamu’alaikum….
    Mudah2an kita termasuk diantara orang2 yang di Ridhoi-Nya, agar kelak kita bisa selamat…
    Tulisan yang bagus mbak, Banyak MEngingat hari Akhir membuat hidup kita semakin yakin bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara…

    Salam Kenal…
    Wasalamu’alaikum…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s